CARI RESEP ANDA DI SINI

Minggu, 28 Juli 2019

Resep cara memasak cumi basah

Tahukah Anda, masak cumi basah tidak boleh terlalu lama. Cumi-cumi harus dimasak kurang lebih sekitar 2 menit atau paling lama 30 menit. Mengapa harus sesingkat itu proses memasaknya? Ternyata kandungan protein dalam cumi-cumi akan menjadi padat jika dimasak lebih dari 2 menit. Yuk ikuti resep masakan cumi basah selengkapnya.

cara memasak cumi basah


kandungan protein pada cumi-cumi sebesar 18 gram, semuanya tersusun atas asam amino esensial lengkap dan mudah dicerna. Jadi, sangat disayangkan jika masak cumi-cumi basah terlalu lama sehingga dapat menghilangkan kandungan proteinnya. Selain protein, ternyata kandungan gizi dalam cumi-cumi cukup banyak dan sangat baik untuk perkembangan anak. Cumi-cumi mengandung kandungan fosfor yang berguna untuk pembentukan tulang dan gigi pada anak. Kandungan lainnya yaitu lysin yang baik untuk proses tumbuh kembang anak, sebab dapat membantu menyerap kalsium dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Belajar juga Resep masakan opor ayam

Tak hanya itu, cumi-cumi juga didominasi oleh asam lemak tak jenuh ganda serta Omega-3 jenis EPA dan DHA yang penting untuk perkembangan jaringan otak anak. Nantinya, kandungan tersebut akan menjadi stimulan positif dalam menguatkan daya ingat dan bisa mengurangi gejala hiperaktif pada anak.

Sebenarnya, masakan cumi-cumi basah tidak hanya baik untuk anak-anak saja, bagi Anda yang sudah remaja atau dewasa pun bisa mengonsumsi cumi-cumi. Pasalnya, cumi-cumi mampu membantu menurunkan risiko terjadinya penyempitan pembuluh darah di jantung. Sehingga, Anda bisa terhindar dari penyakit jantung koroner, darah tinggi, dan stroke.

Sangat banyak bukan manfaat dan khasiat cumi-cumi untuk kesehatan? Oleh karena itu, kami sengaja memberikan kumpulan resep masakan cumi basah agar kesehatan Anda terus terjaga. Resep makanan cumi ini dikumpulkan dari beberapa ibu-ibu rumah tangga yang suka memasak untuk keluarga. Sehingga bisa dipastikan, bahan dan cara memasak cumi basah nanti tidak terlalu sulit atau mungkin malah terbilang mudah.

Bahan bahan masakan cumi basah

  • 2 ekor cumi basah ukuran besar, potong sesuai selera
  • Jeruk nipis secukupnya
  • Garam secukupnya
  • 2 lembar daun jeruk sobek


Bumbu Halus masakan cumi basah

  • 15 buah cabe merah keriting
  • 6 buah cabe rawit merah
  • 5 siung bawang merah
  • 3 siung bawang putih
  • 1/2 ruas jahe
  • Garam, gula, dan penyedap rasa secukupnya


Cara membuat masakan cumi basah

  1. Pertama, lumuri cumi-cumi yang sudah di potong tadi dengan jeruk nipis dan garam, diamkan selama 10 menit agar meresap. Lalu, tumis bumbu halus sampai tercium aroma harum.
  2. Masukan daun jeruk, gula dan garam, kemudian tes rasanya. Terakhir, masukan cumi-cumi yang sudah dicuci bersih, aduk sampai rata. Masak selama 5 menit jangan terlalu kelamaan, karena nanti bisa keras. Angkat dan sajikan.
  3. Selesai, resep cumi basah balado siap dinikmati selagi masih hangat bersama nasi putih.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar