CARI RESEP ANDA DI SINI

Selasa, 05 Februari 2019

Begini ya cara membuat cincau hijau alami yang aman dan sehat

cara membuat cincau hijau alami yang aman dan sehat. Tumbuhan cincau yang dia miliki adalah jenis cincau rambat (Cyclea barbata). Cincau rambat memiliki batang yang kecil, tumbuhnya merambat ke barang lain. Bentuk daunnya seperti sirih namun berukuran lebih kecil dan permukaan atas daunnya berbulu seperti beludru.

Berbeda dengan jenis cincau yang saya tanam di rumah. Cincau yang ditanam di rumah, sama-sama cincau hijau namun bukan yang merambat, melainkan cincau batang atau saya biasa menyebutnya dengan cincau hijau perdu (Melasthoma polyanthum). Jika ditanam di tanah tingginya bisa mencapai 2-3 meter dan merumpun. Daunnya tidak berbulu dan berukuran besar.

cara membuat cincau hijau alami


Apakah Nyonya masih bingung dengan jenis cincau yang saya maksud? Oke, saya coba jelasin lebih lanjut yak. Di Indonesia dikenal ada dua jenis macam cincau; cincau hitam dan cincau hijau. Cincau hitam biasanya yang disajikan dalam minuman Capucino Cincau alias Capcin.
Teksturnya lebih padat dari cincau hijau dan berwarna hitam. Saking padatnya tekstur cincau hitam biasanya jenis ini disajikan dengan cara dipotong-potong. Cincau hitam dihasilkan dari daun tanaman Janggelan atau yang nama latinnya adalah Mesona palustris.

Sementara cincau hijau dihasilkan dari daun dua jenis tanaman cincau hijau tadi (baik cincau hijau rambat maupun cincau hijau perdu). Tekstur cincau hijau lebih lembek sehingga bisa diseruput dengan sedotan. Warna cincaunya sendiri adalah hijau lumut.

Cincau hijau ini berkhasiat menurunkan tekanan darah tinggi. Kalau buat saya yang darah rendah, khasiat dari cincau hijau ini adalah mengenyangkan dan menyenangkan. Mengenyangkan karena seratnya tinggi, bikin ga gampang lapar untuk yang sedang diet. Seratnya yang tinggi juga membuat pencernaan jadi lancar. Penting banget buat saya yang baru melahirkan dan dapat dua jahitan di perineum (wilayah antara alat vital wanita dan anus). Berhubung, jahitannya di wilayah ngeden, jadi pencernaan lancar adalah kunci kebahagiaan buang air besar. Karena kalau sampai sembelit, wasalam, yang pertama sakit, yang kedua kawatir jahitannya sobek juga. Kemudian poin menyenangkannya adalah efek adem di tenggorokan. Konon katanya, cincau hijau ini bisa meredakan panas dalam. Untuk yang sedang tidak panas dalam pun, cincau hijau nikmat banget diminum siang pas panas. Seger dan adem.

Bahan bahan untuk bikin cincau hijau

⇶20an lembar daun cincau
⇶Tiga gelas air matang


Bahan pelengkap buat bikin cincau hijau

⇶Santan, saya menggunakan santan siap pakai. Untuk yang sedang diet, bisa mengganti santannya dengan susu kedelai atau susu almond.
⇶Larutan Gula Jawa sesuai selera


Cara membuat cincau hijau alami segar

1 . Bersihkan daun cincau, letakkan dalam sebuah mangkuk besar.

2 . Remas-remas daun sampai lumat dan keluar getahnya.

3 . Tambahkan air sambil terus diremas-remas hingga terbentuk larutan seperti lumut.

4 . Saring agar sisa daun terpisah dari larutan lumut. Buang sisa daun yang tersaring tsb.

5 . Biarkan sampai lumut tersebut mengental seperti jelly. Bisa juga disimpan di dalam kulkas. Pengalaman saya kemarin, saya membuatnya di malam hari, jadi larutan cincau saya simpan di kulkas dan baru keesokan harinya dinikmati.

6 . Saat cincau telah mengental, cincau siap disajikan dengan bahan pelengkap.

Demikian cara membuat cincau hijau. Mudah sekali bukan? Ga rugi lah, nanam pohon cincau ini di rumah. Bisa bikin es cincau kapan aja dan yang pasti, hati tenang karena kita tau proses pembuatannya. Dengan membuat sendiri kita juga bisa meminimalisasi bahan-bahan tambahan yang tidak diinginkan seperti pewarna, pengawet atau perasa buatan. Lebih sehat

1 komentar:

  1. permisi min numpang share ya :)
    Hayyy guys...
    sedang bosan di rumah tanpa ada yang bisa di kerjakan
    dari pada bosan hanya duduk sambil nonton tv sebaiknya segera bergabung dengan kami
    di DEWAPK agen terpercaya di add ya pin bb kami D87604A1 di tunggu lo ^_^

    BalasHapus